2.403 TPS di Jawa Barat Susah Sinyal

2.403 TPS di Jawa Barat Susah Sinyal

Administrator | Minggu, 15 November 2020 - 18:31:17 WIB
2.403 TPS di Jawa Barat Susah Sinyal

Aplikasi Sirekap merupakan inovasi fenomenal KPU dalam pelaksanaan pesta demokrasi berbasis teknologi. Tidak ada yang salah dengan inovasi ini, hanya saja harus memenuhi bermacam prasyarat, salah satunya mesti  ditunjang oleh sinyal internet.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Bawaslu,  sedikitnya terdapat 2.403 TPS di Jawa Barat susah sinyal. Dari delapan Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang menjadi penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2020, wilayah susah sinyal tertinggi ada di Kabupaten Sukabumi yang tersebar di 632 TPS, disusul Kabupaten Cianjur pada 473 TPS kemudian disusul Kabupaten Tasikmalaya dengan 455 TPS.

Adapun  wilayah dengan TPS susah sinyal terendah justru ada di Kabupaten Indramayu, dengan hanya 92 TPS. Sedangkan Kota Depok wilayah yang berdekatan dengan Ibukota juga masih mengalami fenomena cari sinyal di 265 TPS. Bahkan Kecamatan dengan jumlah TPS susah sinyal tertinggi ada di Kota Betawi ini, tepatnya di Kecamatan Cimanggis-Kelurahan Tugu sebanyak 150 TPS. Kemudian Kecamatan Sukmajaya-Kelurahan Sukmajaya sebanyak 70 TPS dan Kecamatan Sawangan-Kelurahan Cinangka sebanyak 39 TPS.

Untuk Kabupaten Karawang terdapat 195 TPS. Kemudian Kabupaten Bandung sebanyak 187 TPS dan Kabupaten Pangandaran dengan 104 TPS.

Fakta tentang kondisi keterbatasan sinyal di atas,  sejalan dengan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bawaslu RI bersama KPU RI, Komisi II DPR RI, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, serta Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri pada Kamis 12 November 2020 menyatakan bahwa aplikasi ini  hanya sebagai uji coba dan alat bantu.

Alat bantu yang dimaksud khususnya dalam hal publikasi dengan memperhatikan kecakapan penyelenggara di setiap tingkatan, mengoptimalkan kesiapan infrastruktur informasi dan komunikasi dengan menyusun peta jaringan TPS dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. KPU juga wajib memastikan keaslian dan keamanan dokumen digital hasil Sirekap untuk meminimalisir potensi penyalagunaan oleh pihak tertentu.

Menyikapi situasi yang ada  Bawaslu telah lebih dulu memiliki SIWASLU pada Pemilu 2019 dengan  memfoto dan merekam C1 Plano, yang dalam proses administrasi persidangan (jika terjadi perbedaan data) data ini  banyak bicara sebagai alat kontrol. (SN)

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

SIPO

Banner

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream