Begini Jurus Bawaslu Jabar Mendapatkan Nilai Tertinggi

Begini Jurus Bawaslu Jabar Mendapatkan Nilai Tertinggi

Administrator | Rabu, 11 November 2020 - 16:41:33 WIB
Begini Jurus Bawaslu Jabar Mendapatkan Nilai Tertinggi

Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh KIP Jabar. (Foto:Humas Bawaslu Jabar)

Bandung (11/11) – Monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh Komisi Informasi  Provinsi Jawa Barat (KIP Jabar). Saat ini monev yang berlangsung di wilayah Provinsi Jawa Barat memasuki tahapan verifikai lapangan terhadap hasil pengukuran sementara atas tindak lanjut SAQ (Self Assessment Questionnaire) yang telah diberikan oleh KIP Jabar kepada Lembaga Publik di Provinsi Jawa Barat. Bawaslu Provinsi Jawa Barat menempati nilai tertinggi sementara berdasarkan penilaian dari tim penilai SAQ  KIP Jabar.

Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut KIP Jabar mengunjungi kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat untuk melakukan verifikasi atas data dan informasi yang tersedia di PPID Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Tim penilai keterbukaan informasi yang dipimpin oleh Komisioner Bidang Advokasi dan Monev Yudhaningsih disambut hangat oleh Pimpinan dan jajaran sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Koordinator Divisi Humas dan Hubal bawalu Provinsi Jawa Barat Lolly Suhenty menyampaikan kegembiraannya atas perolehan nilai tertinggi sementara diantara Lembaga Publik lainnya di wilayah Provinsi Jawa Barat. Lolly menyampaikan bahwa tim PPID Bawaslu Provinsi Jawa Barat memang sangat concern dan serius dalam membuka akses publik terhadap keterbukaan informasi. “Kami memang sangat serius dalam keterbukaan informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Karena selama masa pandemi ini kami juga membatasi tatap muka langsung dengan masyarakat, tetapi tidak menjadikan hal itu alasan. Permohonan informasi selain melalui website, sekarang bisa juga mendownload aplikasi PPID Bawaslu Jabar di google playstore.”ujarnya.
 
Dalam forum yang sama Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa divisi humas bekerja sangat baik dalam keterbukaan informasi dan mempublikasikan kinerja Bawaslu agar membangun kepercayaan publik terhadap Bawaslu. “Saya sangat apresisasi kerja divisi humas yang saat ini telah memperoleh hasil terbaik sementara dalam keterbukaan informasi publik. Semoga kedepannya tetap semangat juga dalam mempublikasikan kinerja Bawaslu mulai dari pengawasan, penyelesaian sengketa dan penanganan pelanggaran.”pungkasnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Eliazar Barus menyampaikan beberapa inovasi dalam keterbukaan informasi yang telah dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat. “Selain website dan aplikasi mobile PPID, kami juga mempunyai hotline PPID yang memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi melalui sms atau whatsapp. Inovasi-inovasi akan terus kita kembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini.”ungkap Bang Eli sapaan akrabnya.

Dalam sesi verifikasi dan tanya jawab Yudhaningsih atau Teh Yudha sapaan akrabnya memberikan beberapa pertanyaan dan menguji keabsahan data dan informasi terkait kuesioner keterbukaan informasi. “Kami ingin bertanya beberapa hal terkait data dan informasi yang terdia pada website Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Jelaskan juga bagaimana komitmen dan inovasi yang telah dilakukan oleh Bawaslu dalam keterbukaan informasi publik. Kami mengadakan kunjungan lapangan ini juga untuk menilai secara langsung sesuai dengan yang tertuang dalam SAQ.”pungkasnya.  

Harapannya tahun ini Bawaslu Provinsi Jawa Barat dapat mempertahankan posisi nilai tertinggi sampai hasil akhir penilaian tim KIP Jabar setelah tahun sebelumnya sempat menjadi Juara ke-4 lembaga informatif versi KIP Jabar. Semoga. (TAN)

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

SIPO

Banner

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream