Semangati Kader SKPP, Afif Jelaskan Filosofi Bawaslu

Semangati Kader SKPP, Afif Jelaskan Filosofi Bawaslu

Administrator | Senin, 09 November 2020 - 03:52:01 WIB
Semangati Kader SKPP, Afif Jelaskan Filosofi Bawaslu

SKPP Regional Pantura dibuka secara resmi oleh M. Afifuddin (Anggota Bawaslu RI). (Foto:Humas Bawaslu Jabar)

Subang (8/11) -- Anggota Bawaslu RI, M. Afifuddin berikan motivasi kepada kader pada acara  Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Jabar 2020 region Pantura di Subang (8/11). Pesertanya merupakan kader terbaik lulusan SKPP Daring yang dilakukan pada bulan Mei-Juni 2020, dengan predikat lulus memuaskan.

Menurut Koordiv. Pengawasan dan Sosialisasi itu, kita bersyukur mempunyai Bawaslu sehingga kualitas Pemilu terjaga dari unsur kecurangan.

Di hadapan peserta, Afif jelaskan tagline Bawaslu “Bersama rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”. Bersama rakyat awasi pemilu artinya  Bawaslu tidak bisa melakukan pengawasan Pemilu sendirian.

“Semakin banyak orang terlibat, akan semakin baik pengawasannya. Bawaslu juga tidak bisa menjebak peserta melakukan pelanggaran sehingga perlu pencegahan.”

Mantan aktifis pemantau Pemilu itu analogikan pencegahan seperti samudera.  “Pencegahan ini seluas samudra, artinya, pencegahan yang dilakukan Bawaslu sangat tergantung keluasan kita dalam melakukan kerjasama. Inti pencegahan ada 2, inovasi dan kolaborasi.”

Adapun makna “Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”, artinya penegakkan hukum pemilu merupakan bagian dari upaya penegakkan keadilan. “Bagi peserta, tidak ada urusan dengan proses, yang penting hasilnya menang. Bawaslu bertugas membersihkan prosesnya, tidak ada urusan dengan hasil,” ungkap Afif.

Kepada Bawaslu RI, Lolly Suhenty, Kepala SKPP Provinsi Jawa Barat laporkan bahwa Bawaslu Provinsi Jawa Barat hadirkan kader terbaik dalam SKPP ini. Tujuannya, untuk memastikan agar pengetahuan yang telah diterima dengan metode daring dapat diserap dengan lebih maksimal.

Tema SKPP Jabar 2020 adalah mandiri dan berani. Lolly berharap kader yang dilatih ini nantinya bisa mempraktekkan materi secara mandiri dan berani di lingkungan dan komunitasnya masing-masing.

Dari 9 Kabupaten/ Kota yang menjadi peserta, 2 di antaranya sedang melaksanakan Pilkada, yakni Kab. Indramayu dan Kab. Karawang sehingga begitu selesai, bisa langsung praktek pada momentum Pilkada.

Adapun bagi 7 daerah yang tidak Pilkada, meliputi Kab. Subang, Kab. Majengka, Kab. Kuningan, Kab. Sumedang, Kab. Purwakarta Kab. Cirebon, dan Kota Cirebon, maka tindak lanjutnya melalui penguatan literasi, pendidikan politik, dan penguatan demokrasi di komunitasnya masing-masing.(IZ)

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

SIPO

Banner

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream