Dikirim oleh Tanti pada Senin, 18 Maret 2024 12:09:09
Foto Berita Bawaslu Provinsi Jawa Barat

Bandung, 18 Maret 2024 – Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Majalengka. 

Kunjungan kerja DPRD Kabupaten Majalengka ke Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat disambut hangat Eliazar Barus Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat. DPRD Kabupaten Majalengka melakukan kunjungan kerja yang bertujuan untuk memperkuat sinergi antara legislatif dan pengawas pemilu. Dalam kunjungan ini, DPRD Majalengka bermaksud untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman, serta mengevaluasi langkah-langkah yang telah diambil dalam menangani pelanggaran netralitas ASN di Dapil mereka masing-masing. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Asep Eka Mulyana menyatakan komitmennya untuk menjaga netralitas ASN dalam konteks politik, yang merupakan prinsip penting dalam menjaga integritas penyelenggaraan pemerintahan. Dia juga menegaskan pentingnya kerja sama antara DPRD dan Bawaslu dalam memantau dan menindaklanjuti pelanggaran yang terjadi. Dia menambahkan, ”Kami rasa perlu mengkonsultasikan tentang pelanggaran netralitas ASN ini kepada Bawaslu, karena kami mendapati beberapa ASN di Majalengka secara terang-terangan posting dukungannya kepada salah satu paslon di media sosial. Tindak lanjut atas pelanggaran ini, saya rasa Bawaslu juga harus menindak tegas para pelaku.”ujarnya. 

Eliazar menanggapi pernyataan tersebut bahwa terdapat mekanisme dalam menagani kasus netralitas ASN dalam Pemilu. Beliau mengharapkan kunjungan kerja ini,  dapat menjadi langkah awal yang produktif dalam memperkuat sinergi antara DPRD Kabupaten Majalengka dan Bawaslu Provinsi Jawa Barat dalam menjaga netralitas ASN serta memastikan integritas dalam pelaksanaan pemerintahan dan politik di tingkat daerah. Langkah-langkah konkret berikutnya akan terus dibahas untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan penegakan aturan terkait pelanggaran netralitas ASN di masa Pilkada mendatang. Dia berkata, ”Pelanggaran netalitas ASN memang bukan hal baru. DI Jawa Barat memang sangat rawan sekali pelanggaran netralitas ASN dan politik uang. Tetapi Bawaslu akan bekerjasama dengan baik dan menindaklanjuti segala bentuk pelanggaran, baik yang dilaporkan oleh masyarakat serta temuan dari jajaran Pengawas Pemilu.”pungkasnya.

Agenda Bawaslu Jabar

Tanggal:
Tempat:
Hotel Clove Garden
Jl.Awiligar Raya Atas No.2 Cibeunying, Kec.Cimenyan Kab Bandung
Tanggal:
Tempat:
Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat
Tanggal:
Tempat:
Fakultas Hukum Universitas Pasundan, Lengkong Kota Bandung.
 

Bawaslu Live Stream

 

Bawaslu Jabar Youtube

  •  
     

    Tanya Bawaslu

    Tanya Bawaslu

    Warning: Module "gd" is already loaded in Unknown on line 0

    Warning: Missing arginfo for clos_ssa_test() in Unknown on line 0